Nanas

No Comments

Nanas merupakan tanaman buah berupa semak yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus (L) Merr. Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan). Nanas merupakan buah yang cukup popular karena memiliki rasa lezat, bergizi tinggi, dapat diperoleh sepanjang waktu serta mudah untuk dibudidayakan. Buah nanas selain dimakan langsung apabila sudah masak, juga dapat digunakan untuk bahan pembuatan sari buah, sirup, dan manisan.

Klasifikasi tanaman Nanas
Kingdom       : Plantae (tumbuh-tumbuhan)
Divisi             : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Kelas              : Angiospermae (berbiji tertutup)
Ordo               : Farinosae (Bromeliales)
Famili             : Bromiliaceae
Genus             : Ananas
Species           : Ananas comosus (L) Merr

Berdasarkan habitus tanaman, terutama bentuk daun dan buah dikenal 4 jenis golongan nanas, yaitu : Cayene (daun halus, tidak berduri, buah besar), Queen (daun pendek berduri tajam, buah lonjong mirip kerucut), Spanyol/Spanish (daun panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata datar) dan Abacaxi (daun panjang berduri kasar, buah silindris atau seperti piramida).

Habitat : Nanas dapat tumbuh diberbagai jenis tanah dan kondisi iklim, mulai dari dataran rendah sampai pada dataran dengan ketinggian 2000 m dpl, akan tetapi nanas cocok ditanam di ketinggian 800-1200 m dpl, sedangkan pertumbuhan optimum tanaman nanas antara 100-700 m dpl, curah hujan optimum berkisar antara 1000-1500 mm/thn dengan temperatur 24 - 30 oC, pada umumnya hampir semua jenis tanah yang digunakan untuk pertanian cocok untuk tanaman nanas, meskipun demikian, lebih cocok pada jenis tanah yang mengandung pasir, subur, gembur dan banyak mengandung bahan organik serta kandungan kapur rendah, dan konsentrasi pH tanah 4,5 – 6,5, tanah yang banyak mengandung kapur (pH lebih dari 6,5) menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan klorosis, sedangkan tanah yang asam (pH 4,5 atau lebih rendah) mengakibatkan penurunan unsur Fosfor, Kalium, Belerang, Kalsium, Magnesium, dan Molibdinum dengan cepat ; Habitus : Herba tahunan atau dua tahunan, tinggi 50-150 cm, terdapat tunas merayap pada bagian pangkalnya ; Akar : ; Batang : ; Daun : Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah, helaian daun bentuk pedang, tebal, liat, panjang 80-120 cm, lebar 2-6 cm, ujung lancip menyerupai duri, tepi berduri tempel yang membengkok ke atas, sisi bawah bersisik putih, berwarna hijau atau hijau kemerahan, Bunga : Bunga majemuk tersusun dalam bulir yang sangat rapat, letaknya terminal dan bertangkai panjang ; Buah : Buahnya buah buni majemuk, bulat panjang, berdaging, berwarna hijau, jika masak warnanya menjadi kuning, rasanya enak, asam sampai manis ; Biji : Bijinya kecil, dan seringkali tidak jadi.

Secara garis besar nanas dikelompokkan menjadi 2, yaitu :
1.  Kelompok nanas dengan bentuk bulat lonjong dan besar, sari buah banyak, daging buah berserat kasar, pada umumnya mempunyai daun yang tidak berduri, jika sudah masak kulit buah berwarna kuning tidak merata. Jenis nanas yang termasuk kelompok ini adalah : nanas cayenne lisse, nanas smooth, nanas cey, dan nanas klayatan.
2.  Kelompok nanas dengan bentuk buah bulat, pangkal buah melebar, sari buah sedikit, daging buah agak kuning dan halus, daun pada umumnya berduri, sedangkan warna kulit buah masak kuning merata. Jenis nanas pada kelompok ini adalah : nanas bogor, nanas Palembang, nanas nunggal, dan nanas mandalang.

Daftar pustaka
Anonim. 2005. Pedoman Perbanyakan Benih Tanaman Buah Nanas [ Ananas commosus (L)Merr ]. Direktorat Jenderal Hortikultura.
Anonim. http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/view.php?id=242