PERANAN SEKTOR PERTANIAN DI INDONESIA

No Comments
Sektor pertanian memiliki beberapa peranan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia diantaranya adalah sebagai berikut :
a.    Pertanian Sebagai Penjaga Ketahanan Pangan
Dengan adanya sektor pertanian maka ketahanan pangan nasional dapat dipenuhi. Ketahanan pangan tersebut meliputi kecukupan pangan, keragaman tanaman, dan keamanan pangan.
Pertanian di Indonesia sebenarnya sebagian besar telah mencukupi ketersediaan pangan bagi masyarakatnya, namun mengapa Indonesia masih mengimpor barang-barang yang telah ada di negara ini sendiri dan mengekspor barang yang kita sendiri mengimpornya. Tanah sawah mampu menyediakan 85 – 100 % kebutuhan beras dalam negeri, terbukti tahun 1984 kita telah berhasil dalam berswasembada beras, yang mencukupi kebutuhan beras nasional.
Keragaman tanaman di Indonesia sangat banyak, kita harus menjaganya agar tanaman tersebut tidak hilang dan punah. Dengan adanya program diversifikasi pangan maka keragaman tanaman dapat dijaga.
Pertanian Indonesia telah berkontribusi dalam meningkatkan keamanan pangan yaitu mampu mendukung terjaminnya kesehatan, gizi, mutu pangan, serta menunjang peningkatan kecerdasan dan kualitas sumberdaya manusia.
b.   Pertanian Sebagai Penyedia Jasa Lingkungan
Pertanian dengan lingkungan mempunyai keterkaitan yang saling berpengaruh. Misalnya saja tanpa lingkungan yang mendukung pertanian tidak akan ada, dan juga tanpa pertanian lingkungan tidak bisa berkembang sampai seperti saat ini. Dengan adanya lingkungan yang mendukung, misalnya tersedianya suhu, kadar air, ph tanah dan unsur lingkungan yang lainnya maka pertanian akan berkembang dengan baik. Lingkungan juga dapat menjadi pendaur ulang limbah organik yang nantinya dapat bermanfaat bagi tananam itu lagi.
Sebaliknya dengan adanya pertanian maka lingkungan kita akan baik, misalnya tanaman memproduksi gas Oksigen (O2) supaya udara menjadi segar dan sejuk. Dan pertanian juga dapat mencegah terjadinya banjir, erosi, serta memelihara pasokan air tanah yang secara tidak langsung dapat melestarikan kejernihan air. Sungguh Maha Besar Allah yang telah menciptakan bumi ini, sehingga antara makhluk-makhluk-Nya dapat saling berketerkaitan.
c.    Pertanian Sebagai Penyedia Lapangan Kerja
Di suatu Negara besar seperti Indonesia, di mana ekonomi dalam negerinya masih di dominasi oleh ekonomi pedesaan sebagian besar dari jumlah penduduknya atau jumlah tenaga kerjanya bekerja di pertanian. Yaitu sekitar 44% angkatan kerja. Di Indonesia daya serap sektor tersebut pada tahun 2000 mencapai 40,7 juta lebih. Jauh lebih besar dari sektor lainnya. Ini berarti sektor pertanian merupakan sektor dengan penyerapan tenaga kerja yang tinggi.
Dengan adanya lahan yang luas sektor pertanian dapat mengurangi angka perpindahan penduduk ke kota yang sekarang ini terjadi.
d.   Pertanian Sebagai Penyangga Kestabilan Ekonomi
Memang benar jika pertanian dijadikan sebagai salah satu penyangga kestabilan ekonomi di Indonesia, terbukti pada pertengahan tahun1997 ketika saat itu terjadi krisis ekonomi atau resesi, sektor industri yang saat itu diunggul-unggulkan sebagian terpuruk, akan tetapi sektor pertanian hampir tidak terpengaruh sama sekali, bahkan ekspor produk pertanian mengalami kejayaan. Dengan begitu sektor pertanian dapat digunakan sebagai sarana untuk menanggulangi kemiskinan pada masa sekarang ini.
e.    Pertanian Sebagai Peningkat Devisa
Pertanian juga mempunyai kontribusi yang besar terhadap peningkatan devisa, yaitu lewat peningkatan ekspor dan atau pengurangan tingkat ketergantungan Negara tersebut terhadap impor atas komoditi pertanian. Komoditas ekspor pertanian Indonesia cukup bervariasi mulai dari getah karet, kopi, udang, rempah-rempah, mutiara, hingga berbagai macam sayur dan buah.
Peran pertanian dalam peningkatan devisa bisa kontradiksi dengan perannya dalam bentuk kontribusi produk. Kontribusi produk dari sektor pertanian terhadap pasar dan industri domestik bisa tidak besar karena sebagian besar produk pertanian di ekspor atau sebagian besar kebutuhan pasar dan industri domestik disuplai oleh produk-produk impor. Artinya peningkatan ekspor pertanian bisa berakibat negative terhadap pasokan pasar dalam negeri, atau sebaliknya usaha memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri bisa menjadi suatu faktor penghambat bagi pertumbuhan ekspor pertanian. Untuk mengatasinya ada dua hal yang perlu dilakukan yaitu menambah kapasitas produksi dan meningkatkan daya saing produknya. Namun bagi banyak Negara agraris, termasuk Indonesia melaksanakan dua pekerjaan ini tidak mudah terutama karena keterbatasan teknologi, SDM, dan modal.
f.     Pertanian Sebagai Solusi Kelangkaan BBM
Pada jaman sekarang ini yang hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor yang bahan bakarnya semakin lama semakin menipis karena terus digunakan, maka dari salah satu produk pertanian yaitu tanaman jarak pagar dapat menjadi solusi dari kelangkaan BBM sekarang ini, karena dari tanaman jarak pagar tersebut dapat diolah menjadi biodiesel yang bermanfaat bagi sarana transportasi dan aktivitas industry.
g.    Pertanian Sebagai Penyedia Bahan – Bahan Obat
Pertanian memang menjadi sektor yang mempunyai banyak peranan, sampai masalah penyakit yang sering terjadi sekarang ini, dari produk pertanian dapat diolah menjadi obat-obatan yang nantinya bisa menjadi sarana untuk menghilangkan penyakit itu. Meskipun yang bisa menyembuhkan adalah Yang Maha Kuasa, kita sebagai makhluk-Nya wajib berusaha.
h.   Pertanian Sebagai Penyedia Bahan – Bahan Sandang, Pangan Dan Papan
Ini adalah peran pertanian yang paling berpengaruh bagi aspek kehidupan dari dulu sampai sekarang ini. Karena selain sebagai penyedia pangan seperti dibahas sebelumnya, pertanian juga menjadi penyedia bahan – bahan sandang dan papan.
Contohnya saja pada bidang sandang, kita tahu bahwa sutra adalah bahan yang dapat kita jadikan sebagai pakaian yang kita gunakan. Orang tahu bahwa sutra dihasilkan oleh ulat sutra, tetapi tahukah anda ulat sutra memakan tanaman murbei untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dari sini kita tahu bahwa pertanian menyediakan bahan-bahan yang nantinya digunakan sebagai bahan sandang.
Orang tahu bahwa rumah yang mereka tinggali, mulai dari pintu, jendela, atap, meja, kursi dan perabotan lainnya merupakan barang yang dihasilkan dari salah satu produk pertanian yaitu kayu.

Itulah beberapa peranan pertanian di Indonesia, yang sebenarnya apabila kita perhatikan dan pelajari masih banyak lagi peranan pertanian di Negara kita ini.


DAFTAR PUSTAKA
  1.  Erliza Hambali,dkk. 2007. Jarak Pagar Tanaman Penghasil Biodiesel. Jakarta: Penebar Swadaya.
  2.  Hatta Sunanto. 1997. Budidaya Murbei dan Usaha Persuteraan. Yogyakarta: Kanisius.
  3.   Intisari. 2006. Tanaman Berkhasiat 2. Jakarta: PT Intisari Mediatama.
  4.  Suntoro Wongso Atmojo. 2010. Manajemen Sumber Daya Lahan Ramah Lingkungan. Surakarta: UPT Penerbitan & Percetakan UNS (UNS Press).
  5.   http://pksyariahimmciputat.blogspot.com/2007/04/reorientasi-gerakan-mahasiswa.html